Not Quite a Timelapse Movie

Hari ini bermain-main lagi dengan kamera. Membuat film pendek dari foto-foto. Tidak ada screenplay, skenario, ataupun model yang disiapkan. Semuanya on the spot. Apa yang ada di sekeliling dicomot sebagai aktor dan aktris dadakan.

Panggungnya adalah laptop Thinkpad, warna hitamnya pas. Objek yang dipakai adalah yang kira-kira cukup kecil untuk masuk ke panggung dan difoto. Mereka adalah satu set BNC adapter, satu konektor SMA, satu buah loffet — semacam parafin untuk mensolder –, satu buah kerangka ponsel jadul, dan satu jam tangan. Idenya adalah pertemuan antara BNC dengan SMA, dengan disaksikan oleh teman-temannya.

BNC, SMA, loffet, kerangka ponsel dan jam tangan bergerak kesana-kemari

It’s just for fun… ^^

Ternyata membuat film ini tidak semudah yang dibayangkan. Diperlukan ketekunan, kesabaran, dan kerja keras. Untuk film pendek diatas yang berdurasi hanya 32 detik dengan frame rate 2.67fps diperlukan 85 gambar. Proses persiapan dan pengambilan foto juga cukup memakan waktu. Selain itu, posisi kamera juga tidak boleh berubah sedikit pun. Perlu tripod, cable release, dan remote software. Kesulitan lain adalah pencahayaan. kalau film diatas diperhatikan, muncul flicker pada beberapa waktu karena cahaya dari jendela yang berubah-ubah.

Film yang sebenarnya memiliki frame rate yang jauh lebih tinggi yaitu antara 25-30fps, dan tentu saja durasinya juga lebih panjang. Tak terbayang berapa ribu gambar yang harus diambil, proses editingnya, membuat screenplay, skenario, model yang akan difoto…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: